Chevrolet Trailblazer Review

Chevrolet Trailblazer

Sejak diperkenalkan di tahun 1999, Chevrolet Trailblazer terus mengalami peningkatan fitur, teknologi dan berbagai segi yang mendukung keselamatan dan kenyamanannya. Mobil dengan 7 kursi ini tampil sebagai sebuah SUV sporty dan berada di kelas premium. Performa mobil juga ditingkatkan agar perjalanan off-road pengguna tetap nyaman.

Spesifikasi Chevrolet Trailblazer

Performa mesin yang tangguh Trailblazer didukung oleh tipenya yang berupa Duramax 1,5L dengan VGT dan intercooler. Jumlah silindernya terdiri dari 4 buah dengan masing-masing katup DOHC 4 buah per silinder. Transmisi mobil ini berupa otomatis dengan 6 level kecepatan. Sementara jenis penggeraknya bertipe RWD. Trailblazer menggunaka diesel sebagai bahan bakarnya.

Kapasitas mesin mobil adalah 2499 cc dengan tenaga 178 HP dan nilai torsi 440 Nm. Dimensi mobil jga cukup besar dengan panjang 4952 mm, lebar 2132 mm dan tinggi 1852 mm. Sebagai SUV, ground clerancenya juga cukup tinggi yakni 221 mm. Di bagian depan, jenis suspensi mobil adalah double wishbone sementara multi-link menjadi suspensi bagian belakangnya.

Interior Chevrolet Trailblazer

Tampilan door trim Trailblazer cukup rapi. Sebagian memang terbuat dari plastik, namun di bagian bawah untuk cup holder dan area penyimpanan dilapisi dengan bahan beludru. Di dekat tombol window lock dan door lock, trim dilapisi dengan bahan kulit yang dijahit asli berwarna coklat. Handle pintunya beraksen krom dengan model tarik. Tambahan lain di bagian pintu adalah adanya speaker.

Stir menggunkan bahan kulit yang dijahit asli berwarna abu-abu. Di sisi kanan ada audio steering switch, sementara sebelah kirinya ada cruise control. Mobil hanya memiliki 3 SRS airbag, salah satunya terletak di kaki pengemudi. Di balik kemudi adalah MID yang sudah digital, namun belum full color. Pengaturan MID ada di balik stir, sekaligus untuk mengatur sorot lampu.

Bagian had unit sudah menggunakan monitor dengan ukuran 7 inch. Berbagai menu di dalamnya ada telepon, audio, text dan radio. Di antara monitor ada dua buah kisi AC berawrna hitam. Operasi AC terletak di bagian bawah head unit yang berupa digital. Selain AC, suhu juga bisa dinaikkan dan berfungsi sebagai heater. Pengaturan AC sudah dual zone untuk penumpang belakang.

 Mobil ini mampu menampung hingga 7 orang penumpang. Tipe kusi sudah elektrik untuk menyesuaikan ketinggian dan dibalut dengan bahan kulit berwarna coklat. Headrest dan sabuk pengaman cukup fleksibel karena bisa disesuaikan posisinya. Bagian belakang mobil adalah bagasi yang memanfaatkan baris ketiga. Jika kursi terlipat, maka bagasi memiliki lantai yang datar.

Exterior Chevrolet Trailblazer

Tampil sebagai SUV, Trailblazer memiliki bodi yang kokoh secara keseluruhan termasuk dari tampilan depannya. Grille-nya memiliki desain seperti sebuah mangkuk berukuran besar. Selain dibingkai krom, grille juga dihias menggunakan lempengan krom sebanyak 4 buah. Krom kedua lebih tebal dari yang lain dan tersemat logo Chevrolet di bagian tengahnya.

Lampu utama mobil membentuk sebuah trapesium dengan teknologi multireflektor. Ukuran lampu cukup besar dengan lekuk yang tajam. Berbeda dengan versi sebelum facelift, Trailblazer yang terbaru sudah memiliki DRL yang memanjang di bagian bawah lampu utama dan menggunakan LED. Di bawah lampu utama, terdapat lampu kabut berbentuk bulat dan sebuah sensor parkir.

Ban mobil menggunakan Bridgstone Dweller dengan profil 265/60 R18. Velg berdesain seperti cakram dengan single tone berwarna silver yang gelap. Spionnya menggunakan warna krom dengan sebuah lampu sein di bagian samping bawahnya. Begitu juga dengan handle pintu beraksen krom. Sayangnya, pintu mobil belum dilengkapi dengan akses keyless entry.

Lampu stop lampnya terdiri dari titik-titik LED dan memiliki desain seperti sebuah persei panjang. Bagian pintu lengkap dengan rear wiper dan rear defogger. Meski ada stop lamp di bagian atas, namun tidak ada roof spoiler yang menjorok ke belakang. Pintu bagasi terletak di bagian bawah dekat pijakan. Mobil juga dilengkapi dengan sensor dan kamera parkir.

Harga Chevrolet Trailblazer

Saat ini, tipe yang dijual di Indonesia terdiri dari dua varian yakni LT dan LTZ. Harga Chevrolet Trailblazer tipe LT dibanderol dengan harga Rp 435.000.000, sementara tipe LTZ dibanderol Rp 480.500.000. Perbedaan harga di antara keduanya cukup jauh lantaran tipe LTZ diisi dengan kualitas interior yang premium dan fitur yang lebih lengkap.

Avanza merupakan kendaraan pilihan keluarga Indonesia. Bila anda sedang berada di kota Yogyakarta dan anda membutuhkan kendaraan ini, anda bisa mendapatkannya di sewa Avanza Jogja dari berbagai rental mobil di kota budaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *