Di segmen kelas MPV, Nissan Livina menjadi mobil yang sangat populer. Pasalnya, mobil yang harganya di sekitar 250 jutaan ini memiliki keunggulan berupa fitur yang lengkap dan desain yang setara kelas premium. Setelah facelift di 2019, Livina menjadi lebih fresh dengan teknologi yang mampu menghemat bahan bakar.

Nissan Livina
Nissan Livina. Photo of Oto

Spesifikasi Nissan Livina

Mesin yang digunakan oleh Livina adalah tipe 4A91 dengan kapasitas 1500 cc. Jumlah silindernya ada 4 buah dengan masing-masing 4 katup DOHC. Tenaga yang disemburkan oleh mobil ini adalah 102 HP dengan nilai torsi masimumnya sebesar 141 Nm. Transmisinya adalah otomatis dengan 4 kecepatan. Jenis penggeraknya adalah roda depan atau FWD.

Dimensi mobil tergolong cukup besar. Panjangnya adalah 4150 mm, lebar 1750 mm, tinggu 1700 mm dan ground clearancenya 205 mm. Suspensi depan adalah MacPherson Strut dan belakangnya menggunakan Multi-Link. Jenis rem menggunakan disc, namun ada fitur keselamatan yang lebih canggih yakni Hll Start Assist untuk perjalanan yang mendaki.

Interior Nissan Livina

Livina memiliki interior dengan warna dominasi hitam, kecuali untuk tipe terendahnya yang menggunakan beige. Bagian pintunya memiliki door trim dengan wood panel dan terlapis oleh bahan kulit yang nyaman untuk arm-rest. Di sisi pengemudi ada kontrol untuk penguncian jendela dan pintunya. Handle pintu memiliki warna krom, sementara di bawahnya ada cup holder dan storage.

Pengaturan stir pada Nissan Livina tergolong lengkap. Selain bisa tilt, stir juga bisa teleskopik. Di sisi kiri stir ada audio steering switch yang lengkap seperti telepon dan bluetooth. Namun di sisi kanannya kosong, tidak ada untuk cruise control maupun MID. Tampilan MID mobil ini masih monokrom dan tombolnya berada di dekat layarnya.

Bagian head unit mobil ini didesain elegan. Di bagian paling atasnya adalah layar monitor 6 inch yang bisa tersambung dengan Android maupun Apple. Di dalamnya ada berbagai aplikasi, radio AM/FM, AUX dan USB namun sayangnya tidak ada pilihan CD atau DVD. Di sisi bawah ada dua buah kisi AC yang dikendalikan dengan pengaturan digital.

Livina memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang. Masing-masing joknya dilapisi bahan kulit dengan warna coklat tua. Di baris kedua, sisi tengah jok bisa dilipat dan dijadikan arm-rest. Sementara di baris ketiga, cocok untuk penumpang anak-anak dengan pelipatan 50:50. Jenis kursi sudah ISOFIC dengan headrest dan sabuk pengaman yang bisa diatur ketinggiannya.

Exterior Nissan Livina

Bagian depan mobil, terdapat 3 buah sisi lampu dengan desain dan ukuran yang berbeda-beda. Lampu pertama menghubungkan grille dengan bentuk persegi panjang yang menyipit berfungsi sebagai DRL ketika mesin keadaan nyala. Lampu kedua ada di bawahnya dengan bentuk kotak besar berisi sein dan lampu utama. Lampu ketiga ada di bagian bawah yang fungsinya sebagai lampu kabut.

Berbeda dengan Nissan March, mobil ini memiliki desain yang bulky. Grille depannya didesain sangat besar dan mendominasi sisi depan mobil. Grille dibingkai oleh bentuk V yang terbuat dari krom. Bagian tengah grille ada sebuah logo Nissan yang khas. Bagian bawah depan adalah bumper yang dilist dengan warna hitam doff sehingga nampak elegan.

Ban yang digunakan menggunakan Dunlop dengan pofil ban 205/55 R16. Ukuran velgnya 16 inch dengan bentuk kipas-kipas tipis dan memiliki 2 jenis warna, yakni perpaduan hitam dan silver. Kaca spion memiliki warna yang sama dengan bodi mobil dan memiliki sein LED. Begitu juga dengan warna handle pintunya, sayang teknologi yang digunakan belum berupa smart-key entry.

Bagian belakang mobil ini memiliki tampilan yang mirip seperti Expander. Lampu stopnya membentuk letter L dari halogen, sementara lampu mundurnya berupa 3 titik LED. Selain ada kamera mundur, Livina juga dilengkapi dengan sensor parkir di bagian bawahnya. Di sisi atas ada roof spoiler dengan stop lamp dan sebuah antena.

Harga Nissan Livina

Variasi harga dari Nissan Livina cukup beragam. Mobil ini dibanderol mulai dari harga Rp 198.000.000 untuk tipe E dengan transmisi manual. Sementara versi terbaru yakni VE dan VL yang bertransmisi otomatis dibanderol dengan harga Rp 261.000.000. MPV ini tergolong murah karena kenyamanannya hampir setara dengan mobil di harga 400 jutaan di kelas MPV.

Bila anda sedang berada di kota Gudeg Yogyakarta dan anda membutuhkan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang banyak, sewa bus Jogja merupakan pilihan yang tepat bagi anda. Ada berbagai pilihan bus bagi anda.