Sejak 1991, Nissan Serena sudah hadir dengan konsep seperti sebuah minivan. Di Indonesia, mobil ini tampil sebagai sebuah MPV yang cocok untuk dijadikan sebuah mobil keluarga. Bodinya cukup besar dan fasilitas di dalamnya menjadi  keunggulan yang dipersembahkan Nissan. Edisi terbaru dari Serena hadir dengan tampilan yang fresh dan juga fitur menarik yang lebih canggih.

Nissan Serena
Nissan Serena. Photo of Trapo

Spesifikasi Nissan Serena

Jenis mesin yang digunakan Serena adalah 2.0L petrol engine dengan silinder berjumlah 4 dan berkatup 16 DOHC. Kapasitaa mesin untuk tipe yang terbaru adalah 1997 cc dengan tenaga yang disemburkan 148 HP dan torsi maksimum 199 Nm. Mobil keluarga ini menggunakan jenis transmisi CVT dengan jenis penggerak FWD atau roda bagian depan.

Mobil memiliki dimensi panjang 4770 mm, lebar 1740 mm dan tinggi 1865 mm. Sementara ketinggian ground clearancenya 160 mm. Serena menggunakan suspensi Independent Strut untuk bagian depan dan Torsion Beam untuk di belakang. Meskipun belum dilengkapi dengan akses smart key, Serena sudah memiliki perangkat anti maling sebagai fitur keamanannya.

Interior Nissan Serena

Serena dihias dengan warna dominasi hitam sehingga menjadi mobil yang elegan. Pintunya terbuat dari bahan plastik yang sebagian dilapisi bahan fabrc lembut. Di sisi pengemudi terdapat tombol untuk pengaturan auto, termasuk spion elektrik. Handle pintunya berwarna krom, sementara bagian bawah ada tambahan storage, cup holder, dan speaker.

Stir mobil memiliki desain flat di sisi bawah namun tidak dilapisi dengan bahan kulit. Di sisi kanan ada pengaturan kontrol cruise sementara di sisi kiri digunakan untuk audio steeering switch dan pengatuan MID. Uniknya, Serena memiliki MID berupa layar 7 inch yang ada di atas dashboard, bukan di belakang stir. Tampilannya sudah digital dan berbagai pengaturan ada di sana.

Di sisi head unit, Serena memberikan sentuhan warna amber. Monitornya sama dengan MID yakni berukuran 7 inch. Di dalamnya ada fitur untuk koneksi dengan Apple atau Android, bluetooth, telepon, radio, dan USB. Sayang, tidak ada pilihan untuk CD maupun DVD. Kisi AC head unit ada di sebelah kanan dan kiri monitor dengan kontrol digital di bagian bawah layar sentuh.

Kapasitas kursi di Nissan Serena adalah 7 kursi dengan porsi 2:2:3. Di bagan tengah, penumpang bisa menikmati arm-rest kanan kiri, meja dan cup holder yang ada di balik kursi penumpang depan. Tipe X bahan joknya adalah fabric sementara tipe Highway berupa kulit. Masing-masing kursi sudah bertipe ISOFIC dengan headrest dan seatbelt yang bisa disesuaikan posisinya.

Exterior Nissan Serena

Tampak depan Serena seperti sebuah box dengan lekukan yang menjorok ke bagan depan. Grille-nya tidak terlalu besar, namun juga tidak sekecil Nissan Juke. Bagian grille memiliki bingkai bawah krom, sementara tengahnya ada lempeng krom yang memanjang dari kiri ke kanan. Di tengahnya adalah logo Nissan yang bulat. Sisi bawah depan ada bumper dengan warna hitam.

Headlamp Serena menggunakan kristal multireflektor halogen dengan desain seperti sebuah persegi panjang. Begitu juga dengan jenis lampu kabutnya dengan bentuk bulat dan berukuran kecil. Untuk tipe Highway, desain lampu kabut membentuk sebuah kotak. Bagian headlamp dan DRL dibuat terpisah. DRL berada di bagian atas headlamp dengan desain yang sama.

Velg membentuk sebuah kipas dengan ukuran 16 inch. Profil bannya adalah 195/60 R16 dengan tipe radial. Kaca spionnya memiliki sein, namun untuk tipe X tidak ada kamera 360 di bawahnya, sementara tipe Highway tersedia. Bagian pintu terdapat handle dengan warna krom dan bodi bawah dibiarkan polos tanpa adanya molding.

Desain stop lamp di bagian belakang adalah LED dnegan desain kotak di sisi samping. Pintu bagasinya terdapat dua bagian sehingga pengguna bisa membuka dari bagian atas saja atau seluruhnya. Di tengah pintu bagasi ada lempeng krom yang terdiri dari dua buah bagian. Tidak ada kamera 360 sebagai kamera parkir, namun sudah ada sensor parkir 4 titik.

Harga Nissan Serena

Serena terbagi ke dalam dua varian untuk versi terbarunya. Harga Nissan Serena seri X dibanderol Rp 448.000.000. Sementara untuk seri Highway Star, Nissan membanderol dengan harga Rp 465.000.000. Perbedaan keduanya adalah dimensinya dan bahan pelapis jok. Highway star memiliki dimensi yang lebih besar dan memiliki jok dan stir yang dilapisi oleh kulit premium.

Apakah anda berencana mengadakan tamasya di kota Yogyakarta? Untuk pengalaman berwisata yang terbaik, anda bisa memilih berbagai paket wisata Jogja dari berbagai agen wisata yang banyak terdapat di kota Gudeg ini.