Karakternya yang tangguh menjadikan Nissan Terra sebagai sebuah SUV yang populer. Di Indonesia, mobil ini dikenalkan pada tahun 2018 dan cukup menyita perhatian para pecinta SUV dengan ukuran sedang. Bodinya yang besar, performa yang stabil, dan fiturnya yang lengkap adalah keunggulan mobil ini sehingga cocok digunakan untuk perjalanan di medan berat atau tujaun off-road.

Nissan Terra
Nissan Terra. Photo of Top Gear

Spesifikasi Nissa Terra

Terra menggunakan jenis mesin 2.5L diesel engine dengan 4 silinder dan katup DOHC 4 buah di masing-masing silindernya. Kapasitas mesin sebesar 2488 cc dengan tenaga maksimum 187 HP. Nilai torsi maksimum mobil ini juga sangat besar, yakni mencapai 450 mm. Jenis peenggerak Terra terbai dua jenis yakni 2WD dan 4WD, sementara transmisinya otomatis untuk tipe E dan VL.

Mobil ini berdimensi cukup besar dengan panjang 4895 mm, lebar 1865 mm dan tinggi 1835 mm. Suspensi depan mobil menggunakan double wishbone, sementara bagian belakang menggunakan multi-link. Terra adalah mobil dengan bahan bakar diesel bersistem CRDi. Meskipun mobil ini berupa SUV, Terra dikenal irit bahan bakar karena dapat menempuh jarak hingga 15 km per liter BBM.

Interior Nissan Terra

Mobil memiliki dominasi warna hitam dan abu-abu sehingga nampak elegan. Di sisi pintu, trimnya beerbahan plastik dan sebagian dilapisi fabric dengan warna senada. Handle pintu sudah beraksen krom. Sisi pengemudi terdapat tombol-tombol pengaturan elektrik untuk spion dan auto-lock. Di sisi bawahnya ada tempat penyimpanan dan cup holder.

Stirnya ddilengkapi dengan audio steering switch, teermasuk fitur telepon. Tidak ada cruise control dan juga tidak dilapisi bahan kulit. Di balik stir, ada tampilan MID yang sudah digital dengan speedometer yang masih monokrom. Dashboard mobil berbahan plastik dan tampil hitam secara keseluruhannya.

Bagian head unit mobil ini cukup lengkap untuk menunjang hiburan penumpangnya. Selain ada layar 6 inch, fitur lain di antaranya adalah CD/DVD, radio AM/FM, USB, Bluetooth, USB dan telepon. AC terdiri dari 2 kisi yang letaknya ada di atas monitor. Pengaturannya dilakukan secara digital dan ada opsi dual zone, sehingga penumpang belakang dan depan bisa merasakan temperatur berbeda.

Jok dilapisi oleh bahan fabric dengan warna abu-abu. Jenis kursi sudah ISOFIC dengan headrest dan seatbelt yang bisa diatur keetinggiannya. Pengguna bisa mengatur posisi kursi dengan pilihan sliding meski caranya masih manual. Kapasitas kursi Terra adalah 7 penumpang dan fitur keselamatannya adalah 6 SRS airbag. Kursi baris ketiga bisa dilipat dengan porsi 50:50.

Exterior Nissan Terra

Lampu headlamp membantuk sebuah trapesium yang menggunakan LED proyektor. Di dalamnya juga terdapat lampu DRL dan sein. Berbeda dengan lampu kabut yang ada di bawahnya karena menggunakan kristal multireflektor halogen. Tak banyak perbedaan yang mencolok dari desain dan jenis lampu yang digunakan jika dibandingkan dengan edisi sebelum facelift.

Bagian depan mobil mempunyai bentuk yang khas, yakni grlle dengan bentuk V-shape. Berbeda dengan Nissan Serena, mobil ini memiliki grille dengan warna abu-abu dan bentuk yang lebih besar. Grille juga memiliki bingkai bawah menggunakan krom. Di tengah grille, ada sebuah logo Nissan yang cukup besar. Sayangnya, Terra tidak dilengkapi dengan kamera 360.

Di sisi samping, ban Terra menggunakan Toyo tipe Open Country dengan profil 255/60 R18. Velgnya membentuk sebuah cakram dengan dual tone, yakni silver dengan tambahan garis-garis hitam di bagian tengah. Di spion terdapat lampu sein yang mirip dengan Xtrail kaarena berbentuk sabit. Meski handle pintu tidak menggunakan smart-key, namun warnanya krom sehingga lebih mewah.

Desain stoplamp sudah menggunakan LED dan reflektornya menyatu sehingga terlihat besar. Di atas mobil ada roof spoiler dengan lampu stop. Bagian tengah mobil ada lempeng dengan warna silver bertuliskan Terra. Di bagian bawah ada sensor parkir 4 titik. Sayang, tidak ada kamera belakang untuk parkir.

Harga Nissan Terra

Penentuan harga mobil Nissan Terra terletak pada jenis transmisi dan jenis penggeraknya. Tipe termurah adalah 4×2 manual yakni Rp 467.000.000. Untuk tipe VL dengan 2WD, Nissan membanderolnya dengan harga Rp 524.000.000. Sementara untuk tpe termahal adalah VL dengan 4WD karena harganya mencapai Rp 665.000.000.

Bila anda beserta keluarga sedang berada di kota Yogyakarta dan anda merencakan untuk berkeliling kota ini dengan mobil, untuk pengalaman terbaik anda, anda bisa mendapatkan kendaraan terbaik dari berbagai rental mobil Jogja.